Mengenal Apa Itu Foto 360

 


Hai menteman, selamat pagi, siang, sore, malam, atau kapanpun kalian membacanya! Kali ini kita mau mengulik sedikit mengenai Foto 360 Derajat niih. Sesuai judul yaa, gak mungkin kita membahas resep ayam goreng di sini, hehehe. Seperti biasa, kita mulai dari pengertian dulu yaa. Check it out!


Pengertian Foto 360 Derajat

Foto 360 Derajat adalah sebuah foto yang mampu menampilkan sekeliling keadaan pada saat foto itu dijepret. Biasanya foto 360 dihasilkan dari gabungan beberapa foto dengan sudut pandang lebar (wide) yang diambil dari berbagai sudut. Sehingga setelah jadi foto 360, orang yang melihatnya bisa melihat ke kiri dan ke kanan, serta ke atas dan ke bawah dari foto tersebut. Seolah-olah kita sedang berada di sana.

Foto 360 Derajat dapat digunakan untuk berbagai macam keperluan. Dari mulai bisnis, edukasi atau hanya sekedar untuk berbagi cerita/pengalaman saja. Penggunaannya sangat luas, beberapa contoh yang perlu memiliki teknologi ini, yaitu: Hotel, Resort, Vila, Restoran, Cafe, Toko, Mall, Sekolah, Kampus, Properti, Layanan Umum, Objek Wisata, Museum, Candi, Bangunan bersejarah, Taman Hiburan, Monumen, dan banyak lainnya.


Manfaat Foto 360 Derajat

Foto 360 Derajat merupakan perpaduan antara teknologi fotografi dengan teknologi yang ada saat ini yang tentunya memiliki banyak kelebihan dari foto biasa, beberapa diantaranya adalah :

1. Mampu Menampilkan Keadaan Sekitar

maps.google.com

Foto 360 derajat tidak bisa disamakan dengan foto biasa. Foto 360 derajat optimal digunakan untuk menangkap gambar yang memiliki banyak POI (point of interest). Jadi, foto 360 derajat gunakan untuk memperlihatkan pemandangan alam, suasana ruangan, keramaian pasar, dan foto dengan berbagai situasi lainnya. Contohnya, kamu bisa melihat layanan Street View dari Google. Kamu bisa mengakses Google Maps dan bisa melihat keadaan jalanan secara 360 derajat.


2. Menampilkan Produk secara Detil

motionland.net

Perusahan penjual berbagai produk kini mulai menggunakan foto 360 derajat untuk mempresentasikan produk yang mereka jual. Misalnya saja manfaat foto 360 derajat yang bisa kamu rasakan sewaktu-waktu kamu berniat membeli properti, tapi tak sempat datang ke lokasi. Foto 360 derajat akan membantu kamu memperlihatkan keseluruhan sudut rumah secara lengkap jikalau agen properti kamu menyediakan fasilitas foto 360 derajat.


3. Melihat Keadaan Sekitar Mobil

cintamobil.com

Tren otomotif belakangan ini adalah digunakannya kamera 360 pada sebuah mobil. Kamera 360 yang ditanam di mobil bisa membantu kesulitan kamu dalam memperkirakan jarak ketika mundur, belok, atau parkir. Gambar yang secara real-time tampil di Head Unit sebuah mobil dihasilkan oleh 4 kamera sekaligus yang terpasang di bagian belakang, depan, samping kanan dan kiri mobil. Dengan bantuan 4 kamera inilah bisa dihasilkan gambar 360 yang tampil secara real-time.


4. Potensi bagi Industri Informasi

geekreply.com

Munculnya perangkat Kamera 360 yang secara langsung bisa menghasilkan foto atau video 360 derajat tanpa perlu diedit lagi membuat tren terhadap teknologi Virtual Reality (VR) mulai berdatangan dari berbagai pihak sehingga masyarakat lebih mudah mencerna informasi konten 360. Umumnya, kamera 360 derajat mempunyai dua atau lebih lensa fisheye (lensa dengan sudut pandang yang lebar) dengan jangkauan 180 derajat. Setiap lensa tersinkronisasi untuk mengambil dan menggabungkan gambar secara bersamaan. Bisa kamu bayangkan jika kamera video 360 digunakan untuk meliput live report pertandingan olahraga atau foto spot liburan, pastinya akan semakin asik bukan ?


Nah, itulah pembahasan kita kali ini mengenai Foto 360. Segitu dulu yaa untuk kali ini, semoga pembahasan kita kali ini dapat menambah ilmu dan wawasan kita semua yang membacanya. Jangan lupa dishare ya, terima kasih telah mampir!

Posting Komentar

0 Komentar