Microsoft PowerPoint - Aplikasi Presentasi yang Orang Pasti Tau! Ini Beberapa Alternatifnya!

 


Halo guys, welcome back niih di blogku. Seperti biasanya, kita akan membahas sesuatu lagi niih. Dilihat dari judulnya, udah tau kan apa yang akan kita bahas ? Yuup, kita akan sedikit membahas mengenai aplikasi yang bisa dipakai untuk mengutarakan isi hati kita niih guys, hehehe. Oke, langsung aja kita masuk ke pengertiannya dulu ya.


Pengertian Aplikasi Presentasi

Kita mulai dari pengertian presentasi dulu yaa. Presentasi adalah salah satu metode yang digunakan untuk menyampaikan ide/pesan/informasi kepada sekumpulan orang yang dirancang secara baik sehingga memudahkan orang tersebut dalam menangkap ide/pesan/informasi yang kita sampaikan. Sebelum ditemukannya aplikasi presentasi berbasis komputer orang menggunakan media gambar, slide proyektor (OHP) sebagai media presentasi. Seiring dengan perkembangan teknologi komputer media-media tersebut sekarang sudah mulai ditinggalkan. Saat ini, tersedia banyak aplikasi komputer yang dapat  dijadikan alat untuk membuat media presentasi. 


Jadi, aplikasi presentasi adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk menyajikan suatu ide/pesan/informasi dengan tampilan slide show. Aplikasi ini biasanya memiliki tiga fungsi utama, yaitu sebagai sebuah penyunting naskah dan menghiasnya, sebagai cara untuk memasukkan dan memanipulasi gambar grafis, dan untuk menyajikannya dengan sistem slide show. 


Fungsi Aplikasi Presentasi

Fungsi software presentasi yang utama tentunya adalah untuk membuat dan mengolah dokumen presentasi. Dokumen presentasi yang merupakan alat untuk menyampaikan pendapat dan gagasan tentunya akan lebih menarik jika ditambah berbagai objek-objek seperti gambar, suara, dan bahkan video yang dapat diatur dalam aplikasi presentasi tersebut. Berikut adalah 3 fungsi utama aplikasi presentasi, check it out!

1. Sebagai Penyunting dan Penghias Naskah

Dalam mempersiapkan presentasi di depan banyak orang, tentunya kamu perlu menyiapkan berbagai dokumen penting atau data-data lainnya. Semua dokumen penting dan data-data tesebut nantinya akan diolah menjadi sebuah gagasan dan ide yang akan kamu jelaskan atau kamu utarakan pada para pendengar. Tentunya jika hanya menyampaikan dengan data-data tanpa hiasan atau dekorasi yang menarik akan cepat membuat orang bosan. 

Di sinilah aplikasi presentasi berperan. Aplikasi presentasi berfungsi untuk membuat presentasi yang akan kamu lakukan semakin menarik. Sehingga orang-orang yang mendengar presentasimu lebih fokus dan memerhatikan penjalasanmu.


2. Untuk Memasukkan dan Memanipulasi Gambar Grafis

Saat presentasi, tentunya kamu tidak hanya memasukkan data-data berbentuk tulisan dan angka saja. Walaupun memang data-data tersebut sangatlah penting dalam mengemukakan gagasan kamu, tentunya berbagai desain dapat membuatnya lebih menarik.

Fungsi software presentasi ini dapat membuat dokumen presentasi yang isinya berupa gambar-gambar yang menarik, dan data-data yang disajikan bisa diolah dengan sebuah grafik yang mudah dimengerti.


3. Menyajikan Presentasi dengan Sistem Slide Show

Setelah menyiapkan dokumen presentasi dengan berbagai desain yang menarik, kamu sudah bisa menyimpannya ke dalam bentuk dokumen presentasi yang sudah jadi dan siap digunakan untuk mempresentasikan hasil pemikiran atau informasi yang kamu miliki kepada banyak orang.

Fungsi software presentasi ini dapat membuat hasil akhir presentasi menjadi slide show. Slide show (rangkaian gambar yang bisa bergerak) biasanya digunakan untuk menyajikan informasi visual yang dapat melengkapi pembicaraan agar lebih mudah dipahami para peserta.


Macam-macam Aplikasi Presentasi

1. Microsoft Office PowerPoint

Kalau aplikasi yang satu ini pastinya sudah nggak asing lagi yaa. Mulai dari pelajar SMA hingga profesional pun banyak yang menggunakan aplikasi yang satu ini. Untuk PowerPoint ini gak perlu dijelaskan lagi lah yaa. Kamu semua juga udah pada tau dan udah menggunakannya. Karena, sebenarnya masih ada lagi loh aplikasi presentasi selain Microsoft PowerPoint ini. Yukk, lihat nomor selanjutnya.


2. Google Slide

Google slides adalah salah satu aplikasi presentasi yang juga tidak kalah populer. Pada dasarnya cara kerja Google Slides sama dengan PowerPoint. Yang membedakan keduanya adalah cara menggunakannya. Untuk menggunakan Google Slides kamu harus menjalankannya secara online di browser.


3. Visme

Pada dasarnya Visme adalah aplikasi presentasi berbasis cloud yang tidak hanya menawarkan pengguna fitur-fitur untuk membuat presentasi yang menarik, tapi juga untuk membuat infografis, visualisasi data, laporan, demo produk hingga resume. 

Kamu sendiri tidak perlu khawatir harus mendesain presentasi sendiri, karena ada beberapa template yang bisa langsung kamu gunakan di Visme. 


4. Canva

Canva merupakan alternatif aplikasi presentasi lainnya yang bisa kamu gunakan secara gratis. Canva menyediakan akses ke lebih dari 8000 template yang bisa kamu manfaatkan saat membuat presentasi, lengkap dengan tools desain yang bisa memaksimalkan komunikasi visual dari presentasi kamu. 


5. Slidebean

Jika kamu tidak ingin pusing memikirkan desain presentasi maka Slidebean bisa jadi alternatif yang tepat. Slidebean merupakan aplikasi presentasi yang memanfaatkan teknologi AI.

Ketika membuat presentasi di Slidebean kamu tinggal memasukan konten atau outline presentasi ke dalam bagian text box, lalu ketika selesai kamu dapat berpindah ke bagian desain di mana teknologi AI mereka akan secara otomatis mengatur konten presentasi kamu ke dalam desain dan format yang sesuai. 


6. Flowvella

Flowvella merupakan aplikasi presentasi selain PowerPoint yang juga dapat kamu unduh baik di desktop maupun mobile. 

Aplikasi ini menawarkan fitur yang membantumu dapat membuat presentasi dengan cepat dan efisien. Kamu dapat menggabungkan kata, gambar, video, link dan files PDF untuk membuat presentasi lebih terlihat interaktif.


7. Prezi

Prezi adalah aplikasi presentasi yang juga tak kalah populer. Fitur utama Prezi yang paling dikenal adalah kemampuannya untuk membuat presentasi non-linear dengan lebih mudah. 

Dengan fitur tersebut presentasi bisa lebih menarik bagi audiens karena kamu bisa membuat efek pan dan zoom setiap kali beralih antar slide tanpa menciptakan kesan berpindah ke slide baru.  


8. Keynote

Jika Windows mengandalkan Microsoft Powerpoint, di perangkat Apple kamu bisa mengandalkan Keynote. Ini adalah aplikasi yang dibuat oleh Apple. Keynote dikemas dengan fitur pendukung yang kuat, mulai dari kemampuan membuat grafik interaktif, menambahkan refleksi, dan memberikan frame pada gambar.

Ada lebih dari 30 efek sinematik untuk teks dan objek yang disediakan oleh Keynote. Selain itu, mengedit dan melihat hasil presentasi yang kamu buat menjadi lebih mudah dengan menggunakan iPhone atau iPad.


9. LibreOffice

Ada lagi aplikasi bagus yang bisa kamu akses secara online untuk membuat sebuah presentasi yang keren dan unik, LibreOffice. Dalam aplikasinya ini, LibreOffice menyuguhkan fitur dan tools yang unik dan menarik sehingga membuat presentasi kamu tidak membosankan.


10. Slides

Berikutnya, ada perangkat lunak berbasis Cloud yang menawarkan alternatif solid dan user-friendly untuk PowerPoint. Slides akan melengkapi presentasi yang kamu buat dengan PowerPoint sehingga tampak lebih menarik. Slides adalah sebuah editor yang memungkinkan kamu untuk menambahkan background, menggunakan berbagai desain dan tema, serta memudahkan kamu untuk berkolaborasi dengan orang lain.



Nah itu dia beberapa aplikasi presentasi untuk mempresentasikan gagasan atau informasi yang kamu miliki. Masih banyak lagi aplikasi presentasi alternatif selain yang disebutkan diatas, sebut saja seperti, Haiku Deck, Emaze, Slidedog, Zoho Show, Focusky, Academic Presenter, Projeqt, dan banyak lainnya. Jika kamu punya waktu luang, kamu bisa mencoba untuk mencicipi beberapa aplikasi presentasi diatas. 

Baiklah, sekian dulu ya pembahasan kita kali ini mengenai aplikasi presentasi. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan kamu semua yaa.  Jika bersedia, kamu boleh membagikannya kepada teman-temanmu. Terimakasih telah mampir!


Posting Komentar

0 Komentar