Siapa Sih Yang Nggak Tau Internet ?

 


Halo manteman! Postingan kali ini pasti kalian udah tau apa yang akan dibahas. Dari judul pun sudah diketahui bahwa yang akan kita bahas adalah Internet. Siapa sih yang nggak tau Internet ? Zaman sekarang semua serba digital dan semua terhubung satu sama lain. Kalo kamu ditanya "Apa itu internet?" bisakah kamu menjawabnya ? Kalo kamu belum bisa menjawabnya, yuk simak pembahasan kita kali ini mengenai si internet ini.


Apa sih Internet itu ?

Internet atau yang nama panjangnya Interconnected Network menurut Wikipedia adalah sistem jaringan komputer yang saling terhubung secara global dengan menggunakan paket protokol internet (TCP/IP) untuk menghubungkan perangkat di seluruh dunia. Mudahnya, Internet adalah sekumpulan jaringan yang saling terhubung yang dapat kita akses kapanpun dan dimanapun asalkan kita terhubung ke internet alias online. Kalo diartikan sesuai namanya "Interconnected Network" berarti Jaringan yang Terhubung secara Global. Artikel yang kalian sedang baca ini merupakan salah satu penerapan internet. Device (Perangkat) yang kalian gunakan terhubung dengan server dimana postingan ini tersimpan. Jika kalian tidak terhubung, pastinya kalian tidak akan bisa mengakses artikel ini bukan ?

Kemudian, ada lagi nih yang namanya Intranet. Tahukan kalian apa yang dimaksud dengan Intranet ? Intranet adalah jaringan pribadi (Private Network) yang menggunakan internet untuk saling berbagi dan bertukar informasi di dalam jaringan lokal contohnya adalah: Perusahaan, Kantor, Sekolah, Universitas, dan lain-lain. Intranet juga termasuk ke dalam salah satu jaringan LAN (Local Area Network) yang hanya bisa mencakup wilayah kecil.

Perbedaan Internet dan Intranet

Berikut ini kami rangkum beberapa perbedaan antara Internet dan Intranet. Semoga kalian dapat memahaminya dengan mudah.

Internet :
  • Jaringan yang sangat Luas (Internasional Bahkan Sedunia)
  • Memiliki Jaringan yang Kuat
  • Perkembangan yang Sangat Pesat
  • Bisa di akses kapan saja dan dimana saja

Intranet:
  • Jaringan yang kecil dan sempit (hanya mencakup wilayah lokal)
  • Perkembangannya yang lambat
  • Biasa digunakan oleh perkantoran, sekolah, universitas, rumah sakit, dan lain-lain.
  • Hanya bisa diakses ketika kita berada dalam cakupan wilayahnya saja.

Apa saja Fungsi dan Tujuan adanya Internet ?

Fungsi internet ada berbagai macam dalam kehidupan sehari – hari, yaitu :

1. Memudahkan untuk mengakses Informasi

Sekarang kita bisa mendapatkan informasi dengan mudah hanya dengan menggunakan internet. Bahkan, jika dulu kita sering sekali mengeluh tidak dapat belajar karena tidak memiliki buku dengan harga yang mahal. Sekarang, kita dapat belajar berbagai hal dengan menggunakan internet dimanapun dan kapanpun.

2. Memudahkan Komunikasi

Jika dulu kita ingin berkomunikasi dengan teman ataupun teman yang berbeda negara ataupun beda kota, kita harus terlebih dahulu bertemu langsung untuk dapat berkomunikasi dan membutuhkan banyak biaya dan waktu yang lama. Namun, kini dengan internet kita dapat berkomunikasi setiap saat.

3. Memudahkan dalam Pekerjaan

Perusahaan banyak menggunakan Internet sebagai salah satu solusi untuk menyelesaikan berbagai masalah secara cepat dan efisien. Dengan memiliki sistem yang saling berhubungan satu sama lain.


Cara Mengakses Internet

Layanan akses internet disediakan oleh ISP. ISP adalah singkatan dari Internet Service Provider. ISP merupakan sebuah badan atau perusahaan yang menghubungkan komputer melalui saluran komunikasi ke server ISP yang telah terhubung ke internet atau dapat di katakan sebagai penyedia layanan jasa Internet. Di Indonesia sendiri terdapat banyak pilihan ISP mulai dari jaringan internet berkabel dan jaringan seluler.

Contoh Penyedia Layanan Internet Berkabel yang ada di Indonesia adalah :
  • Telkom Indihome
  • MyRepublic
  • BizNet
  • FirstMedia
  • Indosat Gig
  • Dan lain-lain
Contoh Penyedia Layanan Internet berbasis Jaringan Seluler yang ada di Indonesia adalah :
  • Telkomsel
  • XL Axiata
  • Tri 
  • Axis
  • Indosat Ooredo
  • Smartfren
Nah, untuk dapat terhubung dan menggunakan Internet, kamu harus membeli jasa dari ISP  yang telah disebutkan diatas. Harga dan paket yang ditawarkan berbeda-beda dan jangkauannya pun berbeda-beda. Jadi kamu bisa sesuaikan dengan kebutuhan kamu.

Jika kamu sudah memiliki akses internet, maka yang kamu butuhkan adalah Aplikasi Web Browser. Aplikasi Web Browser adalah aplikasi yang digunakan untuk menelusuri dan mengakses sebuah situs di Internet.
Contoh Aplikasi Web Browser : 
  • Microsoft Edge
  • Google Chrome
  • Mozila Firefox
  • Safari (Mac OS)
  • Opera
  • Dan lain-lain.

Apa Saja Manfaat Adanya Internet ?

Tak dapat dipungkiri bahwa kehadiran internet sangat membantu umat manusia dalam melakukan kegiatannya sehari-hari. Mulai dari pekerjaan, pendidikan, bahkan perdagangan pun sangat terbantu dengan adanya internet ini. Berikut manfaat internet dalam kehidupan sehari – hari, yaitu :

1. Manfaat Internet untuk Bisnis

Sudah tidak asing lagi kata Belanja Online dalam kehidupan sehari -hari. Mulai dari pelaku bisnis yaitu penjual yang tidak harus memiliki toko ataupun ruko untuk membuka bisnisnya, melainkan cukup mendaftar tokonya ke media belanja online. Dengan menggunakan proses online, pembeli dapat dengan mudah memilih barang dan toko yang d inginkan tanpa harus datang untuk membeli langsung barang yang di inginkan. Bukan hanya Belanja Online. Pekerjaan kantoran juga sangat terbantu dengan adanya internet. Pekerjaan kantor seperti mengirim surel dan dokumen menjadi mudah karena internet.

2. Manfaat Internet untuk Belajar

Saat pandemi seperti ini dan sekolah ditutup, pembelajaran dilakukan secara daring (online). Pertemuan yang tadinya dilakukukan di sekolah, sekarang bisa dilakukan dari rumah dengan menggunakan video conference. Bayangkan bila disaat pandemi begini tidak ada internet. Pastinya proses belajar mengajar akan terhambat. Internet dengan metode belajar online memudahkan siswa maupun mahasiswa dalam berinteraksi dan mempelajari pelajaran yang di inginkan secara otodidak. Untuk media pembelajaran online mulai dari matematika hingga Bahasa inggris dan pelajaran lainnya dapat dengan mudah dipelajari hanya dengan menggunakan internet. Misalnya :, e-learning, tutorial, hingga kursus juga ditawarkan diberbagai media.

3. Manfaat Internet untuk Sarana Hiburan

Dalam keuntungan mencari informasi secara cepat, sering kali internet kita gunakan untuk mencari informasi sekaligus hiburan seperti : Youtube, Facebook, maupun Instagram. Berbagai media online kini banyak menyajikan konten-konten yang mengedukasi sekaligus menghibur. Ingin nonton film tapi bioskop tutup ? Internet memudahkan kalian untuk melakukannya. Media penyedia film seperti Netflix, Disney Hotstar+, Catchplay, dan lain-lain banyak menyediakan film-film favorit untuk menghibur kalian dimanapun dan kapanpun. Sarana seperti ini bisa kita gunakan dengan cara gratis maupun berbayar sehingga kita akan dapat menikmati berbagai fasilitas hiburan dengan adanya internet.


Naah, itulah pembahasan kita kali ini mengenai Internet. Semoga dengan membaca tulisan ini, kalian bisa menjawab pertanyaan "Apa itu Internet?" jika ada yang bertanya pada kalian. Selesai sudah pembahasan kita kali ini, seperti biasa, terima kasih telah mampir!






Posting Komentar

0 Komentar