Internet Marketing, Metode Pemasaran Terkini Untuk Semua Pengusaha!

 


Halo teman-teman, selamat datang kembali nih. Dari judulnya kamu juga udah tau ya kita mau membahas apa kali ini ? Yapp, kali ini Internet Marketing akan jadi topik pembahasan kita kali ini. Tahukah kamu apa itu Internet Marketing ? Kalo belum tau, yuk simak pembahasan kita berikut ini.


Apa itu Internet Marketing ?

Internet marketing yang dalam Bahasa Indonesia Pemasaran Internet adalah sebuah bentuk dari pemasaran dan periklanan melalui atau menggunakan media online atau internet dengan tujuan promosi, meningkatkan volume penjualan, serta memengaruhi konsumen untuk membeli suatu barang/jasa. Mudahnya, Internet marketing adalah upaya untuk memaasarkan barang dagangan kita melalui internet agar menjangkau lebih banyak orang. Internet marketing bisa menjadi solusi terbaik untuk mengenalkan produk ke masyarakat sekaligus meningkatkan volume penjualan.

Di era digital seperti sekarang, internet marketing memang dianggap sebagai metode berjualan yang paling efektif dan menguntungkan dibandingkan dengan marketing tradisional. Selain lebih praktis, jangkauan pemasaran online marketing bisa lebih luas. Dengan cara-cara yang tepat, penjual bahkan bisa melakukan ekspansi bisnis sampai ke luar negeri.


Ciri-Ciri Internet Marketing

Konsep pemasaran secara digital (internet marketing) memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
  • Tipe promosi lebih fleksibel dan terpencar, misalnya lewat artikel, update blog, status media sosial, twit, dan semacamnya
  • Ruang lingkup promosi lebih luas, ditujukan untuk siapa saja dan di mana saja
  • Komunikasi dengan konsumen lebih responsif dan terbuka (terlihat dari makin banyaknya e-commerce yang menyediakan layanan pelanggan 24 jam)
  • Komunikasi banyak arah—baik penjual maupun pembeli sama-sama aktif mendiskusikan produk

Jenis-Jenis Internet Marketing

1.  Menampilkan Iklan

Ketika mengunjungi sebuah web, pastinya kamu sering melihat iklan bertebaran di halaman web tersebut bukan ? Iklan ini ditampilkan pada situs web pihak ketiga atau blog untuk mengarahkan lalau lintas ke situs web perusahaan. Dengan melakukan pemasangan iklan ini secara tidak langsung akan meningkatkan produksi perusahaan. Meningkatkan produktivitas perusahaan juga bisa dilakukan dengan memasang iklan yaitu dengan menampilkan iklan pada blog atau web pihak ketiga yang selanjutnya akan diarahkan ke website perusahaan yang bersangkutan

2. Search Engine Marketing (SEM)

Bentuk pemasaran ini adalah untuk berusaha mempromosikan website dengan meningkatkan visibilitas dalam halaman hasil mesin pencari. Sistem pemasaran SEM merupakan upaya untuk mempromosikan web perusahaan dengan meningkatkan visibilitas atau kunjungan jumlah pengguna internet di halaman hasil mesin pencari atau yang sering disebut dengan (SERPs) seperti Google, Bing, Yahoo, dan lain-lain.

3. Search Engine Optimization (SEO)

SEO adalah proses meningkatkan visibilitas situs web atau halaman web di mesin pencari. Bentuk pemasaran pada SEO merupakan sebuah proses yang bertujuan untuk meningkatkan visibilitas situs atau halaman website perusahaan agar berada di urutan atas pada hasil pencarian search engine. SEO dilakukan dengan pemilihan nama domain, konten website, dan penggunaan kata kunci

4. Social Media Marketing

Pemasaran ini dilakukan dengan memanfaatkan lalu lintas dalam Social media websites seperti Facebook, Instagram maupun Twitter atau juga media sosial yang lain. Kamu juga pastinya sering kan melihat pengguna media sosial lainnya yang menawarkan barang atau jasa yang mereka tawarkan, ya kan ?

5. Email Marketing

Pemasaran melalui email dilakukan dengan melibatkan langsung pemasaran pesan dengan mengirimkan pesan melalui surat elektronik (email). Pemasaran ini menggunakan media email untuk mempromosikan barang atau jasa. Pihak perusahaan akan langsung melakukan pemasaran dengan mengirimkan pesan yang ditujukan kepada alamat email para pelanggan. Mungkin terkadang kamu menganggap email ini sebagai email spam karena kamu menganggapnya tidak penting. Namun bagi sebagian orang, trik marketing melalui email ini dapat berhasil mempengaruhi pembacanya untuk membeli produk yang ditawarkan.

6. Refferal Marketing

Metode referral ini untuk mempromosikan produk atau layanan kepada pelanggan baru melalui referensi. Metode ini biasanya dari mulut ke mulut. Refferal marketing atau juga yang sering disebut dengan proses pemasaran dari mulut ke mulut merupakan metode yang digunakan untuk mempromosikan sebuah produk dan jasa pada konsumen baru dengan memberikan referensi

7. Affiliate Marketing

Pemasaran ini dilakukan dengan memberi bagian atau keuntungan ke affiliasi untuk setiap pengunjung atau pelanggan yang dibawa oleh usaha sendiri. Affiliate marketing merupakan sebuah pemasaran yang menggunakan sistem kerjasama dengan memberikan komisi pada pihak affiliasi atau agen penjual hestanto.web.id atau sales online untuk keberhasilannya dalam menjual produk. Ini berarti tugas dari agen penjual ini adalah memasarkan dan mempromosikan produk perusahaan tersebut sampai para pengunjung berminat untuk membeli produk yang ditawarkan. Jumlah presentase komisi yang akan didapatkan oleh agen adalah antara 30 persen sampai 80 persen dari harga produk.

8. Reseller atau dropshipper

Reseller dan dropshipper sedang ramai-ramainya nih digeluti. Kegiatan internet marketing ini dilakukan oleh orang – orang yang ingin memulai usaha toko online tetapi tidak memiliki modal yang cukup dan memiliki barang sendiri untuk ditawarkan kepada konsumen. Tugas dropshipper adalah menawarkan barang atau jasa milik orang lain dan mendapatkan keuntungan dari hasil penjualan tersebut. Dropshipper akan merasa seperti memiliki toko online pribadi karena biasanya produk pesanan konsumen akan dikirimkan menggunakan nama dropshipper tersebut


Pentingnya Internet Marketing

1. Gaya hidup (lifestyle) yang berubah

Gaya hidup yang mengutamakan kemudahan dan kecepatan, saat ini tidak hanya dimiliki oleh masyarakat Negara-negara maju. Namun juga masyarakat-masyarakat Negara berkembang, yang saat ini banyak mengadopsi gaya simple seperti itu. Hal itu dapat dimanfaatkan oleh berbagai perusahaan untuk menjaring konsumen melalui internet marketing. Begitupun dengan cara mencari informasi mengenai berbagai hal yang mereka butuhkan. Apabila mereka membutuhkan informasi mengenai suatu produk atau layanan yang mereka butuhkan, mereka lebih senang mencarinya melalui internet.

2. Akses informasi yang cepat dan mudah

Para calon konsumen merasa dapat mengakses informasi lebih cepat melalui internet. Mereka cenderung merasa lebih cepat dan mudah mencari suatu produk atau layanan dan kemudian membelinya melalui internet, dibandingkan dengan harus mencari ke beberapa toko atau mall. Oleh karena itu, perusahaan yang memiliki strategi internet marketing yang baik dapat berpeluang memimpin pasar.

3. Target market yang tak terbatas

Salah satu keuntungan vital menggunakan internet marketing adalah pangsa pasar yang tidak terbatas. Internet marketing tidak mengenal batasan tempat dan waktu. Melalui internet marketing, sebuah perusahaan dapat melakukan ekspansi bisnis seluas-luasnya. Dengan internet marketing, calon konsumen dimanapun dan kapanpun dapat menerima informasi, memahami dan membeli apapun yang mereka butuhkan.



Oke! Mungkin sekian dulu yaa pembahasan kita kali ini. Semoga pembahasan kita ini bisa sama-sama menambah ilmu pengetahuan kita yaa. Sekian dari aku, terima kasih telah mampir!

Posting Komentar

0 Komentar