Brainware, Sebuah Kata Yang Jarang Digunakan

 


Halo teman-teman semua! Sekarang kita kedatangan bintang tamu lagi nih. Kali ini kita akan membuka seluk beluk bintang tamu kita yang bernama Brainware. Istilah brainware merupakan istilah yang tidak umum dan memang sangat jarang sekali dijumpai. Karena itulah kita jarang menemukan istilah ini dipakai dalam keseharian. Tapi nyatanya, Brainware ini benar adanya. Lalu, apa sih brainware itu ?

Apa itu Brainware ?

Secara sederhana, pengertian brainware adalah orang yang menggunakan atau mengoperasikan sebuah perangkat komputer. Ini menjadikan istilah brainware berarti seorang manusia yang memiliki kemampuan dan keahlian dalam menggunakan komputer.

Dalam sistem komputer, brainware menjadi hal yang sangat penting dan tidak dapat dipisahkan dari hardware dan software. Hardware di dalam komputer tidak bisa dijalankan tanpa adanya software, sedangkan tanpa adanya brainware maka software dan hadware tidak bisa berjalan. Siapa lagi yang akan menjalankan atau mengoperasikan sebuah komputer kalo bukan manusia itu sendiri ? Ya kan ? Jadi, ketiga komponen tersebut (brainware, software, dan hardware) saling melengkapi satu dengan yang lainnya.


Apa Fungsi Brainware ?

Jadi sebenarnya fungsi brainware itu untuk apa sih ? Ini dia jawabannya!


1. Sebagai Programer

Tugas utama dari seorang programer adalah untuk membuat program yang dibutuhkan dalam sistem komputerisasi. Selain itu, programer juga dapat berperan sebagai pihak yang menjaga keamanan dari sebuah sistem komputer.


2. Sebagai Administrator

Administrator adalah seseorang yang memiliki tugas dan kemampuan untuk mengelola suatu sistem operasi beserta program yang dijalankan pada sebuah komputer maupun jaringan dalam perusahaan.
Ada juga yang disebut dengan database administrator yang bertanggung jawab langsung terhadap sistem database perusahaan yang tugasnya mengatur, mengelola dan menyimpan sebagai arsip perusahaan yang tidak boleh hilang.


3. Sebagai Operator

Operator adalah orang yang menjalankan sistem operasi dan program dalam perangkat komputer, misalnya merawat sistem operasi komputer, menyiapkan data untuk diakses, dan lain-lain.


Jenis-Jenis Brainware

Pengguna komputer (brainware) atau yang biasa disebut juga dengan user, mereka terbagi-bagi lagi nih menjadi beberapa macam Berikut ini adalah beberapa macam brainware:

1. Programer

Progammer bertugas untuk membuat/menciptakan dan mempersiapkan program-program yang dapat mendukung sistem komputer yang akan atau telah dirancang. Peran progammer sangatlah penting. Karena programmer-lah yang berperan dalam menciptakan aplikasi-aplikasi yang berguna untuk membantu kehidupan manusia.


2. Operator Komputer

Operator komputer adalah seseorang yang memiliki kemampuan untuk mengoperasikan suatu sistem operasi atau program yang ada di dalam komputer. Misalnya membuat dokumen di aplikasi Word, mengedit, dan menyimpan, dan lainnya.


3. Graphics Designer

Graphics Designer adalah orang yang bertugas menciptakan ilustrasi, tipografi, fotografi, atau grafis motion. Seorang desainer grafis biasanya menciptakan karya untuk penerbit, media cetak dan elektronik, seperti brosur dan mengiklankan produk.


4. Konsultan

Seorang brainware yang memiliki pengetahuan dibidang komputerisasi namun biasanya tidak berperan untuk menangani secara langsung, hanya sebagai penasehat yang handal. Bisnis atau perusahaan memerlukan komponen ini untuk mencari solusi terkait cara manajemen sistem informasi yang tepat dan meminimalisir terjadinya data yang tidak dikelola dengan baik.


5. Animator

Animator adalah seseorang yang mampu menggunakan aplikasi tertentu untuk membuat animasi yang terdiri dari banyak gambar yang ditampilkan secara cepat.


6. Video Editor

Seorang video editor adalah seseorang yang berkemampuan untuk menyunting dan menyusun sekumpulan video-video menjadi sebuah video utuh yang dapat dinikmati oleh penontonnya.


7. Teknisi Komputer

Teknisi komputer adalah seseorang yang memiliki kemampuan dan keahlian untuk merawat atau memperbaiki berbagai jenis masalah yang sering terjadi pada komputer. Biasanya teknisi komputer memiliki keahlian dan pengetahuan luas tentang trouble shooting dan lainnya untuk mengatasi masalah dalam perangkat komputer.


8. Sistem Analis

Seseorang yang bertanggung jawab terhadap perencanaan dan penelitian di dalam memilih perangkat lunak beserta dengan kebutuhan yang sesuai dengan organisasi bisnis atau perusahaan. 


9. Spesialis Jaringan

Spesialis jaringan adalah seseorang atau sekelompok orang yang memiliki pengetahuan dan keahlian di bidang jaringan komputer. Brainware ini bertanggungjawab atas semua hal yang berhubungan dengan jaringan komputer.


10. Database Administrator

Database Administrator adalah seseorang yang memiliki pengetahuan dalam pengoperasian perangkat komputer dan bertanggungjawab terhadap database suatu aplikasi, organisasi, dan lain-lain.


Itulah beberapa macam Brainware yang dapat kita pahami tugas dan fungsinya. Masih banyak lagi macam-macam brainware, sebut saja Web Developer, UI/UX Designer, Blogger, IT Support, Audio Editor, Photo Editor, dan masih banyak lainnya. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat untuk kalian yang membacanya dan seperti biasa, terima kasih telah mampir!


Posting Komentar

0 Komentar