Google, Search Engine Terkenal Seantero Dunia!

 


Jaman sekaarang siapa sih yang gak tau Google ? Kamu yang membaca tulisan ini pastinya tau Google kan ? Tempat dimana kamu mencari semua pertanyaan dalam kehidupan sehari-hari termasuk mencari jawaban PR, iya kan ? Hehehe.. Sebenarnya selain Google ada loh mesin pencarian lainnya. Tapi sebelum itu, tahukah kamu apa itu mesin pencarian yang namanya kerennya Search Engine itu ? Untuk mengetahuinya, simak penjelasan berikut ini.


Pengertian Search Engine

Search Engine atau dalam Bahasa Indonesia-nya Mesin Pencari adalah sebuah program yang berbasis web yang berfungsi untuk mencari berkas-berkas yang tersimpan di World Wide Web (WWW). Mudahnya, search engine ini kita gunakan untuk mencari file atau berkas yang ada di internet sesuai kata kunci yang kita masukkan. Search engine akan menampilkan kata kunci yang ingin kita cari pada search engine result page (SERP). Semakin baik kerja search engine, maka akan semakin relevan pula informasi yang akan ditampilkan. 

Sebagai program yang berbasis web, search engine ini berjalan memanfaatkan jaringan internet, baik pada saat pengguna internet mengaksesnya maupun saat search engine menggali informasi tentang berbagai konten website yang ada di dunia.


Fungsi Search Engine

Sudah jelas ya, search engine berfungsi untuk melakukan pencarian di dunia maya. Tapi, tak bisa dipungkiri juga bahwa search engine memiliki beragam fungsi yang sangat bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari. Misalnya, untuk meningkatkan branding melalui konten yang dikemas menggunakan search engine marketing (SEM) maupun Search Engine Optimization (SEO). 

Untuk kamu ketahui, Search Engine Optimization (SEO) adalah salah satu metode yang sangat populer digunakan untuk mengoptimalkan performa website di mata mesin pencari agar saat pengguna search engine mencari sesuatu, website kita bisa tertampil di halaman awal atau bahkan tampil di barisan pertama pada search engine. 

Tak berhenti sampai disitu, kini search engine bisa digunakan juga sebagai media pemasaran. Misalnya saja ketika kamu mengetikkan suatu produk di Google yang merupakan search engine terbesar di dunia, maka google akan menampilkan iklan dari website yang menjual produk tersebut di barisan atas. Content marketing ini menjadi metode pemasaran yang menarik untuk dipelajari dan digunakan. Para pengusaha dan pemilik usaha sudah mulai sadar peran dari mesin pencari sebagai media pemasaran yang menarik untuk dicoba.


Cara Kerja Search Engine

Mesin pencari menggunakan program yang sering disebut dengan istilah spiders, robots, atau crawlers untuk mencari konten dari seluruh sudut internet. Kenapa dinamakan seperti itu ? Salah satunya karena konsep jaringan website yang memang memiliki keterhubungan sama seperti jaring laba-laba ketika sudah siap digunakan untuk menangkap serangga. Hasil-hasil pencarian crawler ini kemudian digunakan mesin pencari untuk membangun index internet. Berikut beberapa tahapan search engine bekerja.

1. Crawling

Pada tahapan ini search engine melakukan proses pengumpulan data untuk disimpan di database mereka. Robot dari mesin pencari (crawler)akan menjelajahi website di seluruh dunia dan mencari konten baru untuk dikumpulkan di database. Selain itu, crawler tersebut juga akan mencari konten yang diupdate dan menyimpan versi terbaru dari konten tersebut.

2. Indexing

Sesuai namanya, proses ini akan mengelompokkan informasi sesuai dengan kategori yang sama. Tujuannya untuk memudahkan menampilkan hasil ketika diminta oleh pengguna internet.

Kategori dalam proses indexing bisa meliputi bahasa yang digunakan, lokasi pencarian, dan lainnya. Dengan cara ini, proses pencarian di database dapat dilakukan dengan cepat. Sebab, tak perlu mencari keseluruhan data yang dimiliki untuk tiap permintaan.

3. Ranking

Langkah berikutnya adalah menampilkan hasil pencarian dengan urutan yang paling relevan dengan apa yang dicari. Proses ini disebut ranking. Search engine berusaha untuk menampilkan hasil terbaik dan paling relevan di halaman pertama. Alasannya, jika pengguna tak berhasil menemukan informasi yang ia cari pada halaman awal-awal, maka lama-lama pengguna akan beralih menggunakan search engine lain. Di sisi lain jika kita lihat dari segi bisnis, berada di halaman pertama search engine result page (SERP) adalah faktor penting bagi peningkatan bisnis. Tak heran, banyak upaya peningkatan optimasi mesin pencari (SEO) yang terus dilakukan.


Macam-macam Search Engine

Yang pastinya kamu ketahui, tidak lain tidak bukan adalah Google. Ya, Google adalah search engine dengan pengguna terbanyak di dunia. Saking banyaknya pengguna yang memanfaatkan Google sebagai mesin pencari, Google.com menjadi situs yang paling banyak dikunjungi berdasarkan Alexa Ranking

Namun, masih ada loh search engine lain selain Google yang mungkin belum kamu ketahui. Bahkan ada search engine yang hanya ada di negara tertentu, misalnya Baidu (Cina), Yandex (Rusia), and Naver (Korea Selatan). Nah, berikut ini saya rangkum beberapa search engine terpopuler di dunia.

1. Google (71.24%)

Tak perlu dijelaskan lagi, kamu pastinya tau search engine yang satu ini. Google menguasai setidaknya 71.24% pencarian desktop di seluruh dunia. Sedangkan pencarian mobile tidak kurang dari 92.33% pencarian.

2. Bing (12.69%)

Bing merupakan search engine atau mesin pencari yang dibuat dan dikembangkan oleh Microsoft. Mesin pencari ini dibuat setelah Microsoft mengembangkan beberapa sistem pencari lain seperti MSN Search, Windows Live Search, dan Live Search. Perubahan ini tak lain adalah untuk menyaingi saingan terbesar mereka, yaitu Google.

3. Baidu (11.36%)

Baidu didirikan tahun 2000 dan kini telah menjadi situs pencarian yang terpopuler di Cina. Baidu dikabarkan menguasai tak kurang dari 80% pasar pencarian online di China. Sedangkan Google, hanya mendapatkan 10% saja.

4. Yahoo! (2.15%)

Sebelum adanya Google, Yahoo! menjadi search engine terkenal dan terpopuler. Untuk kamu yang lahir tahun 90an pastinya kamu tahu dengan search engine yang satu ini. Namun, kini taringnya sudah tak terlihat lagi. Saat ini Yahoo! hanya menyisakan pangsa pasar sebesar 2.15%, yang sangat jauh jika dibandingkan dengan Google.

Nah, itulah beberapa search engine terkenal di dunia dengan pengguna yang banyak juga. Sebenarnya masih ada search engine lainnya yang bisa kamu jajal, misalnya Ask.com, DuckDuckGo, AOL Search, dan lain-lain. Sekali-kali kamu bisa mencobanya untuk menambah pengalaman berinternet kamu.


Oke! Mungkin sekian dulu pembahasan kita kali ini mengenai Search Engine. Berterima kasih kepada Google karena telah banyak membantu dalam melakukan pencarian di dunia maya ini. Tidak lupa saya ucapkan, terima kasih telah mampir!

Posting Komentar

1 Komentar