Microsoft Excel - Spreadsheetnya Anak Akuntansi!

 


Halo guys, selamat datang lagi niih. Dari judulnya udah bisa ditebak ya apa yang akan kita bahas. Yak tul! Kita akan bahas Spreadsheet. Sebelum itu, aku tanya dulu nih. Kamu tau gak apa spreadsheet itu ? Kalo belum tau yuk simak pengertiannya di bawah ini.


Pengertian Spreadsheet

Jika kita memahami arti spreadsheet menurut kalimatnya. Spreadsheet sendiri sebenarnya memiliki arti yaitu prosesor angka atau dalam arti lain adalah pengolah angka. Namun secara Spreadsheet secara istilah atau bahasa kerennya secara terminologi adalah sebuah program komputer yang digunakan untuk menyimpan, menampilkan, serta mengolah data dalam bentuk baris dan kolom. Misalnnya saja untuk mengolah nilai. Kamu bisa tanyakan pada gurumu, pasti ia menggunakan aplikasi pengolah angka untuk mengolah nilai mu dan dijadikan dalam bentuk Laporan (Rapor).

Pada aplikasi spreadsheet, tabel nilai-nilai disusun dalam baris dan kolom. Bagian baris biasanya menggunakan label angka 1,2,3 dan seterusnya. Sedangkan kolom menggunakan label abjad seperti A, B, C, dan seterusnya. Pengolahan data dalam spreadsheet disimpan dalam sebuah sel. Penamaan sel tersebut sesuai dengan penggunaan label pada kolom dan baris yang digunakan, contohnya A1, A2, A3 dan seterusnya.

Aplikasi spreadsheet merupakan program komputer yang membiarkan kamu untuk membuat dan memanipulasi lembar kerja secara elektronik. Untuk fungsi spreadsheet ialah untuk membuat tabel, membuat grafik, menghitung rumus statistik, laporan keuangan, penjualan, pembelian, daftar gaji dan lain sebagainya.


Fungsi Aplikasi Spreadsheet

Secara garis besar, aplikasi pengolah angka spreadsheet memiliki fungsi yaitu memproses data dalam bentuk angka. Namun, jika dijabarkan lebih lanjut, aplikasi spreadsheet memiliki banyak fungsi. Jadi apakah sebenarnya fungsi dan manfaat dari aplikasi ini?

Fungsi dari spreadsheet adalah mengolah data dalam bentuk tabel, grafik, bahkan dapat digunakan untuk mencari nilai statistik dari data yang ada. Pengolahan data menggunakan spreadsheet menjadi lebih mudah karena di dalam spreadsheet terdapat rumus-rumus yang dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan pengguna dan rumus tersebut akan otomatis mengganti sel satu dan sel lainnya. Spreadsheet dapat pula melakukan perhitungan-perhitungan yang tidak dapat dilakukan secara konvensional.

Fungsi dari spreadsheet sendiri sangat banyak sehingga tidak heran jika software ini dapat bermanfaat bagi manusia. Mulai dari pembuatan laporan keuangan, perhitungan akuntasi, pembuatan time-schedule, pembuatan analisis kuantitatif dari sebuah data, misalnya data nilai mata kuliah juga dapat dilakukan dengan bantuan aplikasi spreadsheet.


Contoh Aplikasi Spreadsheet

1. Microsoft Excel

Microsoft Excel merupakan aplikasi Spreadsheet yang paling terkenal nih. Siapa yang tak tau dengan aplikasi yang satu ini? Mulai dari guru, dosen, akuntan, pebisnis kecil-kecilan hingga yang besar pun banyak memakainya. Microsoft Excel adalah salah satu contoh aplikasi spreadsheet yang dirilis di bawah naungan aplikasi Mocrosoft Corporation yang dapat dioperasikan di bawah sistem operasi Mac OS dan Windows.

Karena popularitas aplikasi ini tidak mengherankan, program pemrosesan nomor Microsoft Excel semakin banyak pengguna dan bahkan kini sudah tersedia untuk pengguna smartphone.

2. Google Spreadsheet

Google Spreadsheet ini berada di bawah naungan Google Document. Aplikasi ini memiliki banyak kelebihan yaitu dapat digunakan di mana saja karena penyimpanannya melalui google. Syarat Anda dapat melakukan pekerjaan menggunakan google spreadsheet adalah memiliki koneksi internet.

Kelebihan lainnya yaitu file hasil kerja kamu akan disimpan secara otomatis bahkan semua orang yang kamu pilih dapat mengedit dokumen tersebut secara bersamaan, jadi akan lebih memudahkan pekerjaan apalagi pekerjaan di sebuah perusahaan dan juga bagi pelajar.

Kekurangan dari aplikasi ini adalah aplikasi ini tidak dapat digunakan untuk mengedit sebuah dokumen ketika tidak ada koneksi internet karena Google Spreadsheet bekerja secara online.

3. Kspread

Kpsread merupakan salah satu software pengolah data yang cukup banyak digunakan. Kspread merupakan aplikasi yang bersifat open source dan multiform, aplikasi ini termasuk ke dalam bagian KOffice yang dikembangkan oleh KDE (K Desktop Environment) untuk sistem operasi Windows dan Linux. Kelebihan dari aplikasi ini adalah mempunyai lebih dari 100 fungsi kalkulasi, terdapat validasi data, pengaturan baris dan kolom, dan lain-lain.

4. OpenOffice Calc

Perangkat lunak pengolah angka ini bersifat open source dan multiplatform sehingga dapat digunakan pada sistem operasi apapun. OpenOffice Calc juga lebih mudah dioperasikan karena tampilan menunya yang didesain sederhana sehingga mudah untuk digunakan. Tampilan jendela software nya pundilengkapi dengan menu-menu dan tombol tombol toolbar sehingga anda tidak akan kesusahan dalam mengoperasikannya.

5. LibreOffice Calc

LibreOffice Calc merupakan sebuah aplikasi Spreadsheet yang sepaket dengan LibreOffice yang bersifat free alias gratis. Aplikasi ini dikembangkan oleh The Document Foundation (TDF) yang kompatibel dengan aplikasi office lainnya seperti Microsoft Office dan tersedia dalam berbagai platform. Yang menarik, aplikasi LibreOffice Calc dibekali dengan beberapa fitur unik didalamnya, termasuk adanya sebuah sistem yang secara otomatis mampu mendefinisikan sejumlah elemen grafik sesuai dengan informasi yang diberikan nantinya.

6. Gnumeric

Software pengolah angka ini merupakan salah satu perangkat lunak yang berasal dari perusahaan GNOME office. Software ini bersifat open source dan multiplatform sama seperti beberapa software pengola angka lainnya. Dengan keunggulan tampilan GUI, Gnumeric membuat penggunanya akan lebih mudah dalam menggunakan software ini. Gnumeric juga dilengkapi dengan menu-menu dan tombol-tombol toolbar.

7. Lotus 123

Aplikasi Lotus 123 adalah aplikasi pemrosesan angka yang tergabung dalam paket Office yang disebut Lotus SmartSuite, aplikasi Lotus 123 ini diterbitkan oleh IBM.

Awal dari perangkat lunak Lotus 123 hanya dapat digunakan dalam sistem operasi DOS, tetapi seiring dengan perkembangannya, aplikasi Lotus 123 dapat digunakan dalam sistem operasi Windows yang disebut Lotus 123 for Windows, yang kemudian aplikasi ini mulai menjadi populer di tahun 80-an.


Masih banyak lagi aplikasi spreadsheet yang kamu temukan. Diantaranya adalah Abacus, WingZ, XESS, Xxl, dan lain sebagainya. Mungkin jika kamu kurang kerjaan, kamu bisa mendownloadnya satu-satu dan mencobanya untuk menambah pengalaman. 

Oke, sekian dulu ya pembahasan kita mengenai aplikasi spreadsheet. Kalo dengar kata spreadsheet yang pasti terlintas pastinya Microsoft Excel. Saking populernya Microsoft Excel sampai-sampai pengguna lain yang memakai aplikasi spreadsheet selain Microsoft Excel pun disebut Excel, hehehe. Semoga pembahasan kali ini dapat meanmbah pengetahuan kamu yaa. Terima kasih telah mampir!

Posting Komentar

0 Komentar