Menggunakan Internet Marketing dengan Baik dan Benar

 


Hai manteman semua, welcome back nih. Setelah kemaren kita membahas mengenai apa itu internet marketing, sekarang kita akan membahas mengenai bagaimana penggunaan internet marketing untuk memasarkan produk atau jasa kita nih. Seperti yang kalian tau, internet sekarang telah menjadi kebutuhan bagi setiap orang. Apalagi dimasa WFH ini, semua dilakukan di internet. Semua serba online. Tak terkecuali juga dengan aktifitas pemasaran produk/jasa. Aktifitas Pemasaran secara online ini sebenarnya sudah lama dilakukan. Di Indonesia sendiri, ketika internet mulai banyak diakses oleh masyarakat, aktifitas pemasaran secara online mulai gencar dilakukan. Maka dari itu, internet marketing (pemasaran online) menjadi sangat penting saat ini.


Mengapa Internet Marketing Penting ?

1. Gaya hidup (lifestyle) yang berubah

Gaya hidup yang mengutamakan kemudahan dan kecepatan, saat ini tidak hanya dimiliki oleh masyarakat Negara-negara maju. Namun juga masyarakat-masyarakat Negara berkembang, yang saat ini banyak mengadopsi gaya simple seperti itu. Hal itu dapat dimanfaatkan oleh berbagai perusahaan untuk menjaring konsumen melalui internet marketing. Begitupun dengan cara mencari informasi mengenai berbagai hal yang mereka butuhkan. Apabila mereka membutuhkan informasi mengenai suatu produk atau layanan yang mereka butuhkan, mereka lebih senang mencarinya melalui internet.


2. Akses informasi yang cepat dan mudah

Para calon konsumen merasa dapat mengakses informasi lebih cepat melalui internet. Mereka cenderung merasa lebih cepat dan mudah mencari suatu produk atau layanan dan kemudian membelinya melalui internet, dibandingkan dengan harus mencari ke beberapa toko atau mall. Oleh karena itu, perusahaan yang memiliki strategi internet marketing yang baik dapat berpeluang memimpin pasar.


3. Target market yang tak terbatas

Salah satu keuntungan vital menggunakan internet marketing adalah pangsa pasar yang tidak terbatas. Internet marketing tidak mengenal batasan tempat dan waktu. Melalui internet marketing, sebuah perusahaan dapat melakukan ekspansi bisnis seluas-luasnya. Dengan internet marketing, calon konsumen dimanapun dan kapanpun dapat menerima informasi, memahami dan membeli apapun yang mereka butuhkan.


Apa Saja Manfaat dari Internet Marketing ?

1. Mempromosikan Barang dan Jasa dengan Jangkauan yang Sangat Luas

Kalau dulu, kita harus menawarkan barang atau jasa kita secara langsung ke konsumen. Bisa melalui brosur atau menjual dengan cara door to door atau dari pintu ke pintu. Jangkauan dengan cara lama pun terbatas, mungkin hanya satu kota kecil, atau bahkan satu kampung kecil saja. Saat ini dimana pun kamu berada, dengan manfaat menggunakan internet marketing ini kamu bisa menjajakan barang dan jasamu melalui internet yang bahkan semua orang di dunia bisa melihatnya.

2. Menghemat Biaya Promosi

Seperti yang dijelaskan di awal, bahwa melakukan promosi barang menggunakan cara lama, butuh mencetak brosur atau membayar seseorang untuk berkeliling menawarkan produkmu. Bayangkan jika satu buah brosur dihargai 500 rupiah per lembar, maka kamu harus membayarkan 500 ribu untuk 1000 brosur. Melalui manfaat menggunakan internet marketing ini, kamu bisa membuat web untuk menawarkan barang atau jasa dengan hanya modal 150 ribu saja. Bahkan banyak web dengan harga gratis yang bisa kamu gunakan.

3. Tidak Membuang Waktu dan Tenaga

Adanya internet membantu setiap orang untuk berkomunikasi secara penuh 24 jam dimana pun kamu berada. Jika dulu kamu harus memiliki sebuah toko untuk kamu berjualan. Saat ini kamu hanya perlu memiliki smartphone dan jaringan internet. Kamu hanya perlu melakukan promosi di internet, maka kamu akan mendapat pelanggan tanpa harus membuang waktumu menjaga toko satu hari penuh. Kamu pun bisa melakukannya sambil bersantai dirumah, tanpa harus keluar banyak tenaga.

4. Promosi Lebih Tepat Sasaran

Pada saat pemasangan iklan, Kamu bisa menargetkan konsumen potensial berdasarkan demografis tertentu. Seperti halnya jenis kelamin, rentang usia, lokasi, tingkat pendidikan, bidang pekerjaan, serta minat dan perilaku konsumen. Dengan ini kamu bisa menjangkau target pasar yang lebih luas, tapi tepat sasaran.

5. Banyak Pilihan dalam Pemasaran

Terdapat banyak pilihan dalam pemasaran online sehingga bisa membuat kamu lebih kreatif dan efektif dalam menggunakannya. Kamu bisa menggunakan audio, gambar, video, dan tulisan untuk mempromosikan barang/jasa kamu. Kamu bisa menerapkan strategi social media marketing, Search Engine Optimization (SEO) marketing, e-mail marketing, afiliasi marketing, dan lain-lain. Silakan Anda pilih yang paling efektif bagi bisnismu.


Bagaimana Menggunakan Internet Marketing yang Efektif ?

1. Membuat Konten yang Menarik

Kamu bisa membuat kontent di media sosial atau juga di website yang Kamu punya. Buat konten yang menarik mengenai produkmu sehingga banyak orang yang tertarik dengan konten dan produk kamu. Semakin banyak orang melihat konten yang kamu buat, maka akan semakin mudah untuk mendapatkan pelanggan atau pembeli. Konten yang di buat bisa berupa video, foto dan tulisan menarik mengenai produk atau bisnis yang kamu tekuni di website atau media lainnya.

2. Gunakan Promosi dengan Media Online

Promosi dengan media online bisa dilakukan dengan menggunakan email marketing social media marketing, Facebook Ads, Instagram Ads, dan Google Ads, dan lain-lain.

3. Bangun Database dari Iklan

Setelah kamu mulai menerapkan iklan di media sosial, maka kamu akan mendapatkan banyak sekali data orang yang mengklik iklan Anda, sehingga data-data akan tersimpan ke database. Ketika kamu sudah mempunyai database, kamu bisa menggunakan email marketing untuk mempromosikan bisnis yang kamu tekuni. Sehingga ketika akan beriklan dengan cara yang lebih spesifik, biaya yang dikeluarkan pun sedikit, dan pelanggan dan pembeli produk kita akan semakin meningkat. 

4. Ciptakan Brand Awarness pada Bisnis Anda

Dengan menggunakan tahapan-tahapan diatas, Kamu bisa membangun brand awarness dari bisnis atau perusahaan kamu. Tentunya untuk membangun branding yang kuat kamu perlu membuat konsumen pecaya dan ingin berlangganan dengan produk kamu.

Posting Komentar

0 Komentar