Interaksi Antara Manusia dan Komputer

 


Halo teman-teman, selamat datang lagi nih. kali ini aku akan membahas mengenai salah satu disiplin ilmu di bidang komputer nih. Dari judulnya tentu saja kamu sudah tau ya apa yang akan kita bahas. kalau begitu, tanpa basa-basi lagi, yuk simak sampai habis!


Apa Itu Interaksi Manusia dan Komputer ?

Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) atau Human-computer interaction (HCI) merupakan sebuah disiplin ilmu yang mempelajari perancangan, implementasi, dan evaluasi sistem komputasi interaktif dan berbagai aspek terkait. Interaksi Manusia dan Komputer pada prinsipnya membuat agar sistem dapat berkomunikasi dengan penggunanya seramah mungkin. Dengan kata lain Interaksi manusia dan komputer itu sendiri adalah serangkaian proses, dialog dan kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk berinteraksi dengan komputer yang keduanya saling memberikan masukan dan umpan balik melalui sebuah antarmuka untuk memperoleh hasil akhir yang diharapkan.

Misalnya begini. Bayangkan kamu menggunakan dua aplikasi kalkulator yang berbeda. Aplikasi Kalkulator A mempunyai tata letak tombol-tombol fungsi lebih sederhana dan tersusun rapi. Sedangkan aplikasi Kalkulator B mempunyai tombol-tombol fungsi yang berantakan sehingga sulit bagi kita untuk menemukan tombol yang ingin kita cari. Sampai disini, tentunya kamu akan lebih suka dengan aplikasi Kalkulator A karena lebih mudah digunakan. Itulah interaksi/komunikasi yang kamu lakukan terhadap komputer. Dengan adanya disiplin ilmu Interaksi Manusia dan Komputer, maka sang pengembang/pembuat aplikasi telah mempelajari bagaimana cara interaksi antara manusia dan komputer dengan mudah dan efisien dan tentunya developers (pengembang) akan berusaha untuk membuat aplikasinya mudah untuk digunakan oleh users (pengguna).


Tahapan Membuat Interaksi Manusia dan Komputer

1. Perancangan

Seperti namanya, pada tahap ini kita akan mencari ide, merencanakan, dan merancang sebuah pembuatan software. Tahap ini bisa menjadi cukup penting karena akan mendasari kepada siapa software ini ditujukan. 

Langkah-langkah untuk merancang desain sebuah aplikasi diantaranya : 

1. Wireframe

Wireframing merupakan cara desainer UI/UX membuat rancangan website maupun aplikasi pada level struktural. Wireframe sendiri dapat diartikan dengan sederhana sebagai kerangka gambar. Merancang sebuah wireframe berarti merencanakan kerangka garis besar sebuah aplikasi atau website. Dengan wireframe, kamu bisa merancang struktur halaman yang baik, layout, arsitektur informasi, user flow, fungsionalitas, dan perilaku yang diinginkan dari pengguna.

2. Storyboard

Storyboard adalah penggambaran visual adegan, dialog, aksi dalam urutan berurutan. Storyboard merupakan Visualisasi ide dari aplikasi yang akan dibangun, sehingga dapat memberikan gambaran dari aplikasi yang akan dihasilkan

3. Wireflow

Wireflows adalah kombinasi antara wireframes dan flowchart. Wireflows tepat saat digunakan pada aplikasi berbasis mobile. Wireflow adalah representasi dari aliran layar, dengan mengumpulkan satu set wireframes terkait mengikuti urutan mereka muncul dalam aliran.

4. Mockup

Mockup merupakan rancangan desain, lengkap dengan elemen, warna dan tipografi yang akan digunakan pada website tersebut. Bisa dikatakan mockup ini sudah hampir bentuk jadi dari desain website.

5. Prototype

Prototipe adalah versi konsep produk yang memungkinkan Anda menjelajahi ide-ide Anda dan menunjukkan rencana fitur atau konsep desain keseluruhan kepada pengguna sebelum ke tahapan pengembangan atau implementasi.


2. Implementasi

Implementasi adalah menerapkan hasil rancangan dari Wirefame, Storyboard, Wireflow, Mockup, Prototipe ke dalam bentuk aplikasi nyata. Rancangan tadi bisa saja kamu implementasikan pada : 

1. Aplikasi Android, menggunakan Android Studio. 

2. Aplikasi Desktop, menggunakan Visual Studio (VB) atau Visual Studio Net (VB Net).

3. Website, menggunakan Programming Native, atau Framework, atau CMS.


3. Evaluasi

• Usability

Usability merupakan tingkatan kemampuan antarmuka aplikasi dapat digunakan untuk mempermudah hidup pengguna.

• User Experience (UX)

User experience sesuai artinya dalam bahasa indonesia “pengalaman pengguna” adalah pengalaman yang diberikan website atau aplikasi kepada penggunanya agar interaksi yang dilakukan menarik dan menyenangkan.


Oke, segitu dulu pembahasan kita kali ini mengenai disiplin ilmu Interaksi Manusia dan Komputer. Semoga dapat menambah pengetahuan danwawasan kamu ya. Jangan lupa lihat artikel lainnya. Saatnya mengucapkan terima kasih telah mampir!

Posting Komentar

0 Komentar