Komputer ? Apa Itu ?

 

Di abad ke-21 yang dimulai dengan tahun 2000 ini merupakan waktunya teknologi komputer berkembang dengan pesat. Tapi, tahukah kamu apa sebenarnya komputer itu ? Atau kamu hanya tahu namanya saja ? Mari simak penguraian berikut ini.

Menurut Wikipedia, Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer pada awalnya dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Pengertian tersebut mungkin terlalu sulit untuk dipahami. Maka dari itu, saya akan sedikit menjelaskan apa itu Komputer. Menurut saya, Komputer adalah serangkaian komponen yang saling bekerjasama sehingga terbentuk suatu sistem untuk mengolah data dan menyajikannya melalui layar/monitor. Sistem tersebut dapat bekerja secara otomatis sesuai dengan perintah dari program yang mana program itulah yang kita jalankan untuk membantu dan menyelesaikan masalah manusia di kehidupan sehari-hari.

Komputer sebenarnya terdiri dari beberapa jenis, seperti Komputer Analog, Supercomputer, Mainframe komputer, Minicomputer, dan Microcomputer. Perlu diingat, yang akan kita bahas selanjutnya adalah Microcomputer, yaitu komputer yang sehari-hari kamu lihat, seperti Personal Computers (PC) dan Laptop.


Perbedaan Personal Computer (PC) dan Laptop


Personal Computer (PC) adalah komputer pribadi yang terdiri dari beberapa komponen yang terpisah. PC membutuhkan output layar dan suara tambahan seperti Monitor dan Speaker. PC juga membutuhkan input perintah terpisah seperti Keyboard dan Mouse. Maka dari itu, PC tidak akan bisa dengan mudah untuk dibawa kemana-mana karena sangat tidak praktis. Namun, PC biasanya memiliki performa yang lebih baik dari pada Laptop.


Sedangkan Laptop adalah komputer pribadi yang semua komponennya sudah terpadu menjadi satu kesatuan, seperti motherboard dan seisinya, monitor/layar, keyboard, dan touchpad. Laptop lebih praktis untuk dibawa kemana-mana karena bentuknya yang jauh lebih ringkas dan ringan daripada PC. Bahkan laptop keluaran terbaru banyak yang menggunakan desain setipis mungkin. Maka dari itu, Laptop adalah pilihan paling tepat untuk kamu yang bekerja dengan mobilitas tinggi. Namun, performa Laptop tentu saja tidak lebih baik ketimbang PC jika dibandingkan dengan komponen yang sejenis. Misalnya, prosesor Intel Core i7 10th Gen untuk Laptop tentu tidak segahar Intel Core i7 10th Gen untuk PC.

Komponen-komponen utama pada Komputer dan Laptop

1. Motherboard/Mainboard/Papan Induk

Motherboard adalah papan sirkuit cetak utama (PCB) di komputer yang memungkinkan komunikasi antara banyak komponen elektronik penting dari suatu sistem, seperti unit pemrosesan sentral (CPU) dan memori, dan menyediakan konektor untuk periferal lain. Tidak seperti bidang belakang, papan induk biasanya berisi sub-sistem penting, seperti prosesor pusat, pengontrol input/output dan memori chipset, konektor antarmuka, dan komponen lain yang terintegrasi untuk penggunaan umum.


2.  Prosesor/CPU (Central Processing Unit)

Processor/CPU adalah sirkuit elektronik di dalam komputer yang menjalankan instruksi yang membentuk program komputer. CPU melakukan operasi aritmatika, logika, pengendalian, dan input/output (I/O) dasar yang ditentukan oleh instruksi dalam program.

3. GPU (Graphics Processing Unit)/VGA Card

GPU/VGA Card adalah sirkuit elektronik khusus yang dirancang untuk memanipulasi dan mengubah memori dengan cepat untuk mempercepat pembuatan gambar dalam frame buffer yang ditujukan untuk output ke tampilan perangkat. GPU digunakan dalam sistem tertanam, ponsel, komputer pribadi, workstation, dan konsol permainan.

4. RAM (Random Access Memory)

RAM adalah sebuah tipe penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses dalam waktu yang tetap tidak memperdulikan letak data tersebut dalam memori. RAM biasanya digunakan untuk penyimpanan primer (memori utama) dalam komputer untuk digunakan dan mengubah informasi secara aktif.

5. Data Storage Media (Media Penyimpanan Data)

Media Penyimpanan Data adalah alat penyimpan data yang berfungsi sebagai alat / media untuk menyimpan data dan program dimana data / program yang disimpan tersebut bisa dibaca dan dibuka kembali untuk diproses kembali di komputer atau laptop. Umumnya, media yang digunakan adalah Hard Disk Drive (HDD) dan Solid State Drive (SSD) dimana HDD menggunakan piringan cakram keras untuk menyimpan data. Sedangkan SSD menggunakan rakitan sirkuit terintegrasi untuk menyimpan data. Kecepatan read dan write pada SSD jauh lebih cepat daripada HDD.

Nah itu dia beberapa komponen utama pada Komputer dan Laptop yang sebenarnya masih ada beberapa komponen lain yang tak kalah pentingnya. Komponen tersebut akan saling terhubung membentuk satu kesatuan yang akan menjadikan komputer/laptop menjadi suatu alat yang dapat membantu pekerjaan manusia. Sekian dulu untuk pembahasan kali ini. Semoga menambah wawasan dan pengetahuan kamu tentang komputer. Terima kasih telah mampir !

Posting Komentar

0 Komentar