Tahukah Kamu ? Apa itu Komunikasi Data dan Jaringan ?


Komunikasi merupakan salah satu hal terpenting yang dimiliki oleh manusia. Sama halnya dengan komunikasi sebuah data pada sebuah sistem, mau itu dalam jaringan, alat radio, handphone dan lainnya. Di lain sisi jarang sekali orang-orang umumnya di sekitar kita masih minim pengetahuan tentang komunikasi sebuah data. Kamu mungkin pernah mendengar atau bahkan sering mendengar kata komunikasi, data, dan jaringan. Tapi tahukah kamu apa itu Komunikasi Data ?  Dan tahukah kamu apa itu Jaringan ? Masih ragu dengan keduanya ? Mari simak penjelasan berikut ini.


Apa itu Komunikasi Data ?

Komunikasi data adalah proses pertukaran data (pengiriman dan penerimaan) antara dua perangkat yang terhubuang secara langsung dalam sebuah jaringan yang memungkinkan adanya pertukaran data antar kedua perangkat. Pada dasarnya komunikasi data merupakan proses pengiriman informasi di antara dua titik menggunakan kode biner melewati saluran transmisi dan peralatan switching, bisa antara komputer dan komputer, komputer dengan terminal, atau komputer dengan peralatan, atau peralatan denganperalatan.

Secara umum ada dua jenis komunikasi data, yaitu melalui infrastruktur terrestrial dan melalui satelit. Infrastruktur Terrestrial menggunakan media kabel dan nirkabel sebagai aksesnya. Membutuhkan biaya yang tinggi untuk membangun infrastruktur jenis ini. Beberapa layanan yang termasuk terestrial antara lain: Sambungan Data Langsung (SDL), Frame RelayVPN MultiService dan Sambungan Komunikasi Data Paket (SKDP). Sedangkan komunikasi melalui satelit menggunakan satelit sebagai aksesnya. Biasanya wilayah yang dicakup akses satelit lebih luas dan mampu menjangkau lokasi yang tidak memungkinkan dibangunnya infrastruktur terestrial namun membutuhkan waktu yang lama untuk berlangsungnya proses komunikasi. Kelemahan lain dari komunikasi via satelit adalah adanya gangguan yang disebabkan oleh radiasi gelombang matahari (Sun Outage) dan yang paling parah terjadi setiap 11 tahun sekali.


Komponen-komponen Komunikasi Data

Komponen komunikasi data merupakan aspek yang penting yang harus ada dalam proses pengiriman atau penerimaan. Jika salah satu komponen tidak ada, maka kedua proses tersebut otomatis tidak dapat dilakukan. Berikut 5 komponen dasar yang berkaitan dengan sistem komunikasi data.

1. Sumber Data

Komponen pertama adalah sumber data, yakni tempat utama di mana kumpulan data dapat dimunculkan kemudian dikirimkan. Sumber juga bisa diartikan sebagai sumber asal dari suatu perangkat yang berfungsi untuk menginput data serta mengirimkannya ke tujuan penerima data. Perangkat sebagai sumber data memiliki bentuk yang sangat beragam, antara lain seperti kumpulan teks yang terdiri dari tulisan, gambar, maupun video.


2. Transmitter

Elemen penting selanjutnya yakni transmitter yang fungsinya untuk memproses beragam informasi data sebelum dikirimkan lewat media tertentu. Bentuk asli data sebenarnya berupa kode biner yang hanya terdiri dari kumpulan angka 0 dan 1. Untuk mengolah data tersebut agar menjadi sebuah file teks memerlukan media yang disebut transmitter.

Transmitter ini membangkitkan kumpulan data terlebih dahulu kemudian mengolah dan memprosesnya sedemikian rupa. Setelah data tersebut diolah menjadi kategori teks tertentu maka akan diubah dan dikirimkan melalui perangkat lain dengan bentuk sinyal analog. Kemudian dikirimkan dan disalurkan kepada perangkat sebagai penerima data.

Salah satu contoh dari transmitter seperti modem, yang fungsinya mengirimkan digital bit stream dari satu perangkat ke perangkat lain. Proses penyaluran tersebut dikirimkan lewat sinyal analog dari jaringan telepon.


3. Media Pengiriman atau Sistem Transmisi

Aspek penting selanjutnya adalah sistem transmisi, yakni media yang fungsinya membawa sinyal dari sumber transmitter menuju penerima. Tugas sistem transmisi secara khusus yakni mengirimkan data sekaligus informasi ke sumber penerima.

Bentuk dari sistem transmisi seperti sebuah jalur yang sangat beragam, ada yang tunggal dan ada juga yang cukup kompleks. Jalur tunggal hanya perlu melewati satu jaringan, sedangkan lewat jalur kompleks memerkulan beberapa rangkaian sistem tertentu. Ada beberapa contoh sistem transmisi, yakni copper media, wireless media, dan optical media.


4. Penerima

Komponen penting selanjutnya adalah perangkat yang dimiliki oleh penerima data. Perangkat tersebut berfungsi untuk menerima sinyal yang telah dikirimkan oleh sistem transmisi. Proses penerimaan tidak dilakukan secara langsung karena melalui tahap seperti saat proses transmitter sedang bekerja, contohnya yakni workstation.


5. Pengirim dan Tujuan

Penerima sebenarnya tidak dapat menerima data tersebut secara langsung karena data masih perlu diubah ke bentuk sediakala. Data terlebih dahulu diproses ulang sama seperti pada kinerja transmitter. Setelah data dapat dikembalikan bentuk awalnya seperti sebelum dikirimkan pada tahap awal, barulah data utuh bisa diterima dalam bentuk teks.



Apa yang menyebabkan kita sangat membutuhkan komunikasi data ?

Berikut beberapa alasan mengenai betapa membutuhkannya kita terhadap komunikasi data ini.

  1. Dengan menggunakan sistem ini akan terasa lebih efisien.
  2. Sebagian besar pengguna komputer hampir menggunakan data sebagai alat komunikasi antar kantor, perusahaan dan institusi–institusi lainnya.
  3. Menjaga data agar sampai sesuai tujuan yang diinginkan.
  4. Dapat mengurangi keterbatasan waktu.
  5. Data menjadi terahasiakan. Bila ada data yang tidak boleh diketahui pihak lain.


Apa Itu Jaringan Komputer ?

Jaringan komputer adalah suatu jalur telekomunikasi yang memungkinkan antar komputer untuk saling berkomunikasi dengan bertukar data. Jaringan komputer dibangun dengan mengkombinasikan hardware (perangkat keras) dan software (perangkat lunak).

Jaringan komputer juga dibuat dengan menggunakan gabungan teknologi kabel dan wireless (tanpa kabel). Perangkat jaringan berkomunikasi melalui medium transmisi kabel atau wireless. Untuk jaringan yang menggunakan kabel, Anda mungkin membutuhkan optical fiber, coaxial cable, atau kabel tembaga. Sementara itu, jalur jaringan wireless termasuk jaringan komputer yang menggunakan koneksi data wireless untuk menghubungkan titik akhir. Titik akhir ini termasuk radio siaran, radio seluler, dan satelit.


Jenis-Jenis Jaringan Komputer

Jaringan komputer sebenarnya memiliki banyak jenis-jenisnya. Di sini akan kita bahas beberapa jenis jaringan komputer yang sering kamu dengar. Berikut adalah beberapa jenis jaringan komputer yang mungkin kamu pernah gunakan ataupun pernah kamu dengar.

1. LAN (Local Area Network)
 
LAN menghubungkan perangkat dalam jarak yang relatif pendek. Contohnya seperti pada sebuah gedung kantor, sekolah, atau rumah. Selain beroperasi dalam ruang terbatas, LAN juga biasanya dimiliki, dikendalikan, dan dikelola oleh satu orang atau organisasi. Mereka juga cenderung menggunakan teknologi konektivitas tertentu, terutama Ethernet. Ada juga LAN yang menggunakan teknologi jaringan wireless dengan menggunakan Wi-Fi dan dikenal dengan nama Wireless Local Area Network (WLAN).


2. MAN (Metropolitan Area Network)

MAN adalah jaringan komputer yang menghubungkan banyak jaringan LAN di dalam kota yang sama. Kalau jarak yang menghubungkan dua LAN sudah tidak mungkin untuk membangun jaringan, maka jaringan MAN digunakan. Ini lebih besar dari LAN tetapi lebih kecil dari WAN. MAN menggunakan perangkat khusus dan kabel untuk menghubungkan LAN.


3. WAN (Wide Area Network)

WAN juga bisa dibilang sebagai kumpulan LAN yang tersebar secara geografis. Perangkat jaringan yang disebut router menghubungkan LAN ke WAN. Dalam jaringan IP, router menyimpan alamat LAN dan alamat WAN.

WAN berbeda dari LAN dalam beberapa hal penting. Sebagian besar WAN (seperti Internet) tidak dimiliki oleh satu organisasi, melainkan ada di bawah kepemilikan dan pengelolaan kolektif atau terdistribusi. WAN cenderung menggunakan teknologi seperti ATM, Frame Relay dan X.25 untuk konektivitas jarak yang lebih jauh.


4. Internet

Internet adalah jaringan komputer terbesar yang pernah dibuat oleh manusia. Internet menghubungkan jutaan perangkat komputasi termasuk PC, Laptop, Workstation, Server, Smartphone, tablet, TV, Webcam, CCTV dan masih banyak lagi. Menurut laporan yang diterbitkan pada Januari 2018, ada 2150 juta sistem akhir yang terhubung dengan internet. Untuk menghubungkan perangkat ini, banyak teknologi dan infrastruktur yang digunakan. Internet terbuka untuk semua orang. Karena siapa saja bisa terhubung ke internet, internet juga dianggap sebagai jaringan yang paling tidak aman.


5. VPN (Virtual Private Network)

VPN adalah solusi untuk menyediakan koneksi Internet yang aman. Sebagai contoh, sebuah perusahaan memiliki dua kantor; satu di Jakarta dan lainnya di Bandung. Dalam hal ini perusahaan dapat menggunakan VPN untuk menghubungkan kedua kantor tersebut. VPN membuat jalur aman di Internet dan bisa digunakan untuk transmisi data.


Nah, itulah sedikit pembahasan mengenai Komunikasi Data dan Jaringan Komputer. Semoga tulisan ini dapat menambah pengetahuan bagi kamu yang membacanya. Terima kasih telah mampir !



Posting Komentar

2 Komentar