Mengapa Teknik Informatika ?

 


Halo, perkenalkan nama saya Muhammad Farhan Al Rasyid. Saat ini saya baru saja menjadi Mahasiswa Univeristas Riau tepatnya di Jurusan Teknik Informatika. Senang sekali rasanya bisa lolos masuk ke Jurusan yang memang saya sukai. Mungkin kalian bertanya, mengapa saya memilih Teknik Informatika ? Untuk bisa mengetahui jawabannya. Saya harus tarik mundur ke zaman saya masih duduk dibangku Sekolah Dasar.


Pertama kali saya mengenal komputer adalah saat saya masih Kelas 2 Sekolah Dasar. Saat itu saya bersekolah di salah satu SD swasta di Kota Batam dimana saat itu ada pelajaran Teknologi Komunikasi & Informasi alias TIK. Materi pertama dalam pelajaran TIK tersebut adalah mengenal software untuk menggambar legendaris dari Windows yang tidak lain tidak bukan adalah Paint. Mulai dari situlah, saya mengenal komputer atau laptop. Pada awalnya saya belum mempunyai komputer atau laptop, sehingga tugas menggambar paint saya lakukan ketika ayah saya pulang kantor dan membawa laptop kantor. Karena keterbatasan akses, saya hanya bisa mempelajari Paint dan itupun hanya sebentar. Setelah beberapa waktu, ayah saya membelikan sebuah laptop untuk saya belajar. Mulai dari situ, tidak hanya Paint yang saya pelajari. Saya mulai belajar hal-hal kecil seperti memindahkan atau menyalin file, mengganti nama file, membuka CD di Laptop, dan lain-lain. Dari situ juga saya mengenal GameHouse. Sejak saat itu, saya mulai suka bermain games hingga sekarang.


Saya suka "meng-otak-atik" laptop. Dari yang awalnya tidak tahu menjadi tahu. Begitupun dengan Handphone yang sering saya "otak-atik". Karena ketertarikan itulah saya menyukai dunia Gadget. Kemudian muncullah smartphone yang mulai menjadi tren terbaru. Sejak saya memiliki smartphone, saya menjadi lebih fokus mengikuti perkembangan smartphone dari tahun ke tahun. Mulai dari smartphone yang dulu layarnya dibawah 4 inci hingga sekarang dimana smartphone sudah memiliki layar diatas 6 inci. 


Bukan hanya itu saja, saya mulai menyukai games mobile yang mudah dimainkan dimanapun kita berada didukung dengan teknologi yang makin kesini makin mumpuni untuk memainkan game-game yang kompleks. Dari situlah saya juga mulai memiliki ketertarikan untuk bisa membuat game-game sederhana. Berbekal pengalaman-pengalaman saya yang seadanya itu, tertariklah saya untuk menempuh pendidikan di Teknik Informatika. Saya ingin tau, bagaimana teknologi yang sekarang ini dikembangkan dan bagaimana rasanya sebagai developer aplikasi. Karena selama ini, saya hanya memahami aplikasi dari sisi user atau pengguna.


Maka dari itulah saya memilih untuk berkuliah di Teknik Informatika. Saya berharap di jurusan Teknik Informatika ini saya dapat memahami, mengerti, dan mendapatkan nilai yang bagus atas apa yang telah diajarkan. Harapan yang cukup simpel namun butuh usaha untuk menggapainya. Harapan lainnya, saya ingin bisa memahami dan mengerti bahasa pemrograman dengan baik agar bisa mendukung keinginan saya untuk membuat sebuah game. Kemudian, saya berharap saya

bisa mempunyai teman-teman yang bisa mendukung dan membantu saya dalam mengembangkan kemampuan di bidang Informatika ini.


Sekian cerita saya mengenai mengapa saya memilih Jurusan Teknik Informatika ini. Terima kasih telah mampir !

Posting Komentar

1 Komentar